Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 5 No. 1 (2024): Oktober

Pemanfaatan Media Ajar Interaktif Berbasis Digital dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik

Hamidah Abdul Shomad Elfin Nikmati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

Penggunaan media yang interaktif dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar karena pembelajaran menjadi tidak hanya terpusat pada guru. Perkembangan teknologi informasi semakin pesat menuju era Society 5.0 yang berbasis digital, begitu juga dengan media pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang interaktif dan berbasis digital memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Media ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait penggunaan media pembelajaran interaktif yang berbasis digital dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait media pembelajaran digital dan kemampuan berfikir kritis peserta didik yang dipublikasi pada tahun 2019-2023. Berdasarkan hasil review yang dilakukan secara sistematik terhadap beberapa studi yang telah terpublikasi dapat disimpulkan bahwa berbagai macam media interaktif digital digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan yaitu media digital berupa video, flipbook, komik digital, e-book, Augmented Reality (AR) dan permainan digital yang interaktif karena melalui media tersebut siswa memiliki motivasi belajar dan rasa ingin tahu yang tinggi tentang materi pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...