Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 5 No. 1 (2024): Oktober

Pengembangan Sikap Positif Dalam Kesadaran Sosial Untuk Membangun Kohesi di Masyarakat

Rasjid , A. Ramli (Unknown)
Putri, Desty Salsabillah (Unknown)
Nona, Nona (Unknown)
Putri, Citra Triana (Unknown)
Gatji, Keyza (Unknown)
Amelia, Puput (Unknown)
Heriyanti, Heriyanti (Unknown)
Yinata, Sarah Safira (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2024

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya pengembangan sikap kewarganegaraan yang positif dalam masyarakat Indonesia melalui peran pendidikan dan kesadaran sosial. Sikap kewarganegaraan yang positif diperlukan untuk menciptakan warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta memiliki komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi, hak asasi manusia, dan keadilan sosial. Pendidikan, baik formal maupun non-formal, memegang peranan sentral dalam menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan. Selain itu, kesadaran sosial yang tumbuh dari interaksi sosial dan pemahaman akan peran individu dalam masyarakat juga menjadi faktor penting. Artikel ini menyoroti berbagai pendekatan pendidikan yang dapat diterapkan, seperti pendidikan kewarganegaraan, pendidikan multikultural, dan pendidikan berbasis nilai, serta bagaimana masyarakat dapat berkontribusi melalui program-program komunitas untuk meningkatkan kesadaran sosial. Kesimpulannya, pengembangan sikap kewarganegaraan yang positif memerlukan kolaborasi antara sistem pendidikan dan partisipasi aktif masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan dan kesadaran sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...