Masalah utama dalam penelitian ini yaitu Apakah kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post fakto karena fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya, dan yang akan diselidiki adalah efektivitas antara variabel. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 1V dan kelas V beserta guru kelas IV dan kelas V SD Inpres Lara Kabupaten Bima. Teknik dalam pengambilan sampel dari populasi adalah purposive sampling, dimana data diambil melalui observasi non partisipan, angket atau kuesioner dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan kelas V SD Inpres Lara Kabupaten Bima dimana nilai r Hitung yang diperoleh 64,52 dengan frekuensi df = 59-1= 58, pada taraf koefisien determinasi 0,04% diperoleh r Table = 0,2441. Jadi, r Hitungr tabel atau hipotesis nol (H0) kompetensi pedagogik guru tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima ditolak dan hipotesis alternative (H1) kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Inpres Lara Kabupaten Bima diterima. Hal ini membuktikan bahwa kompetensi pedagogik guru efektif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025