Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis infographic project ditinjau dari statistical reasoning dan learning persistence siswa SMA pada materi Penyajian Data Statistika. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan model pretest-posttest control group design sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis infographic project, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian adalah siswa kelas X di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pretest-posttest kemampuan statistical reasoning, dan angket learning persistence siswa, yang telah divalidasi. Analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata multivariat T2 Hotteling’s dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat ≥ 75% siswa tuntas mencapai KKTP (minimal 75) dalam kemampuan statistical reasoning; (2) terdapat ≥ 75% siswa memiliki learning persistence pada kategori tinggi (skor angket 70); (3) terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kedua kelas yaitu rata-rata statistical reasoning dan learning persistence kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol; (4) nilai rata-rata posttest statistical reasoning kelas eksperimen sebesar 83,27 ≥ 75 (KKTP); dan (5) nilai rata-rata postscale angket learning persistence siswa sebesar 81,44 mencapai kategori tinggi (70). rata-rata nilai posttest statistical reasoning kelas eksperimen (≥ 75 mencapai KKTP), Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis infographic project efektif ditinjau dari statistical reasoning dan learning persistence siswa SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024