Penelitian ini mengkaji dampak tekanan akademik yang dialami santri dalam proses menghafal Al-Fiyyah di Pondok Pesantren Darussalam, di mana mereka sering menghadapi kesulitan belajar akibat padatnya jadwal kegiatan dan tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak tekanan akademik terhadap kesehatan mental santri dan mengevaluasi beberapa treatment yang diterapkan untuk mengurangi dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data ini yang digunakan meliputi observasi partisipatif untuk mengamati langsung santri selama proses hafalan, wawancara mendalam dengan santri untuk menggali pengalaman pribadi, serta wawancara dengan ustadzah untuk memperoleh informasi terkait perkembangan hafalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa treatment yang diterapkan efektif dalam mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan performa akademik santri, di mana manajemen waktu membantu pengelolaan jadwal yang baik, pendampingan psikologis melalui konseling mengurangi kecemasan, serta evaluasi hafalan yang fleksibel membuat santri merasa lebih fokus dan tidak terbebani.
Copyrights © 2024