Pembinaan terhadap tungrahita penting diberikan guna mewujudkan kualitas hidup mereka. Namun keterbatasan intelektual mempengaruhi kemampuan mereka dalam menginternalisasi bimbingan yang diberikan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembinaan penyandang tunagrahita terhadap kemampuan bina diri, adaptasi sosial, dan keterampilan yang diberikan oleh pembimbinga asrama di panti sosial bina grahita kalumbuk Padang, sehingga dapat menjadi acuan dalam bagi pembimbing dalam penerimaan calon siswa asuh di panti dan menjadi acuan orang tua ketika akan mendaftarkan anak ke pati tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ada 3 orang pembimbing asrama di Panti Sosial Ibu Binagrahita Harapan Ibu Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembinaan terhadap penyandang tunagrahita di panti sosial, efektif terhadap peningkatan kemampuan bina diri, adaptasi sosial, dan keterampilan penyandang tuna grahita ringanĀ dan sedang. Sementara bagi tuna grahita berat pemberian pembinaan hanya efektif dalam peningkatan kemampuan adaptasi sosial.
Copyrights © 2024