Pendidikan merupakan proses sistematis yang melibatkan pengajaran dan pembelajaran dengan bertujuanĀ untukmeningkatkan pengetahuan,keterampilan,nilai-nilai,dan pemahaman padatingkatindividu. Verbal bullying adalah perilaku kekerasan secara verbal yang dilakukan secara berulang-ulang oleh satu individu atau sekelompok individu terhadap individu lainnya dengan tujuan untuk menyakiti korban. Peneliti melakukan observasi di kelas VII SMPN 1 Pakusari dan diperoleh data sekitar 90% menunjukkan siswa menjadi korban verbal bullying dengan kategori tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Verbal Bullying. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan menggunakan desaign pretest postest desaign. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum perlakuan persentase korban verbal bullying berada pada kategori tinggi yaitu berada di skor 75-89.Sedangkan hasil postest setelah perlakuan berada di kategori sedang, rendah, dan sangat rendah yaitu berada di skor antara 37-66. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap korban verbal bullying melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing
Copyrights © 2024