Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa pre-eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Subjek yang diteliti adalah kelas VIII E SMPN 1 Pakusari Jember sebanyak 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling yang menggunakan kriteria angket berdasarkan interval kelas. Hasil analisi menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketidak samaan antara hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikansi 0,017 (Asymp.Sig.( 2- tailed) < 0,05), artinya (Ha) diterima dan (Ho) ditolak . Faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar terdapat dua faktor, faktor internal dan eksternal. Faktor yang berasal dar internal berupa psikologis dan fisiologis individu, sedangkan faktor external merupakan faktor yang dipengaruhi dari luar diri individu termasuk keluarga, masayarakat dan sekolah. Namun pada penelitian ini tidak mengungkan tentang faktor internal dan external yang terjadi oleh lingkungan keluargan dan masyarakat, dan hanya mengungkap faktor external yang disebabkan oleh sekolah, sehingga menjadi saran untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor tersebut.
Copyrights © 2024