Artikel ini ialah sebuah kajian teori mengenai evaluasi pembelajaran. Evaluasi adalah bagian penting dari sistem pendidikan dan pengajaran dalam berbagai bentuk dan waktu pengajarannya. Istilah evaluasi pemakaiannya sering dipertukarkan karena konsep yang mendasarinya kurang di pahami oleh penggunannya. Istilah yang dimaksud adalah penilaian, pengukuran dan tes. Dengan demikian, konsep-konsep dasar yang terkait langsung perlu diketahui oleh setiap pembelajar. Evaluasi atau penilaian pada dasarnya bertujuan menentukan evektivitas dan evisiensi kegiatan pembelajaran dengan indikator utama pada keberhasilan atau kegiatan pembelajar dalam mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang di tetapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi Pustaka serta studi literatur. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mengenai peran evaluasi dalam pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran evaluasi bagi sekolah yaitu sebagai pedoman untuk meningkatkan pelayanan dalam pembelajaran di sekolah. Sedangkan bagi masyarakat, evaluasi berperan sebagai penilaian terhadap peserta didik. Sehingga dapat menempatkan mereka sesuai dengan kemampuannya. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi atau untuk mengetahui kelayakan mendapatkan pekerjaan atau jabatan tertentu. Hasil evaluasi ini bisa dijadikan pedoman dalam melaksanakan pembelajaran selanjutnya.
Copyrights © 2024