DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 6, No 2 (2024)

Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kesadaran Perubahan Iklim Siswa SMA

Dira, Annisa (Unknown)
Suana, Wayan (Unknown)
Permadi, Dimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kesadaran siswa akan perubahan iklim. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Menggala Kabupaten Tulang Bawang, dengan populasi seluruh kelas X IPA, sampel kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 54 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu non equivalent control group desain. Teknik pengumpulan data kesadaran siswa akan perubahan iklim dilakukan menggunakan teknik non tes, berupa 25 item angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen pada indikator kesadaran emosional, kesadaran sikap, dan kesadaran praktik berkelanjutan mengalami peningkatan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dan secara keseluruhan rata-rata N-Gain kelas eksperimen pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 0,70 sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai sebesar 0,47. Hasil uji Independent Sample T-test N-Gain menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 0,05, ini menunjukkan terdapat pengaruh setelah belajar menggunakan model PjBL

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...