Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip dasar dan komponen pembelajaran bahasa Indonesia yang diterapkan di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman tentang prinsip dan komponen yang efektif dalam mendukung perkembangan keterampilan berbahasa siswa pada jenjang pendidikan dasar, Metode penelitian yang digunakan adalah library reaserch kualitatif yang mencakup identifikasi sumber-sumber terkait prinsip dasar dan komponen pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip dasar pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar meliputi prinsip kontekstual, integratif, fungsional, apresiatif, humanisme, progresivisme, dan kontruksionisme. Selain itu, komponen utama dalam pembelajaran bahasa Indonesia mencakup keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, kebahasaan, sastra dan apresiasi bahasa. Adapun komponen lainnya mencankup, siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan adaptif di sekolah dasar.
Copyrights © 2024