Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) merupakan sebuah dokumen khusus yang menguraikan arah dan fokus dalam memastikan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, peningkatan, dan penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di seluruh wilayah Negara, baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Daerah. Pedoman ini diharapkan dapat memberikan panduan yang lebih rinci kepada Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Aksi HAM dan sekaligus dalam pelaporan Aksi tersebut. Pendidikan inklusif merupakan sarana implementasi yang penting. Pendidikan inklusif merupakan pendekatan yang memperhatikan keberagaman setiap individu tanpa kecuali. Dengan diperkenalkannya konsep inklusi pada pendidikan menengah di Provinsi Jawa Timur, dapat membuka kesempatan bagi seluruh siswa untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen terkait implementasi RANHAM di jenjang pendidikan menengah. Subjek penelitian akan melibatkan para pemangku kepentingan terkait pendidikan inklusif di jenjang pendidikan menengah. Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di beberapa sekolah menengah di Provinsi Jawa Timur yang telah menerapkan pendidikan inklusif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mendapatkan akses terhadap pendidikan formal. Tingkat pendidikan tertinggi yang diselesaikan oleh siswa inklusif juga semakin meningkat, hal ini menunjukkan bahwa pendidikan inklusif tidak hanya memberikan akses, namun memungkinkan siswa untuk menyelesaikan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi. Rata-rata lama bersekolah siswa inklusif juga mengalami peningkatan, yang menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mempunyai kemungkinan lebih besar untuk bersekolah lebih lama dan menerima pendidikan yang lebih inklusif. Kata kunci : RANHAM, pendidikan inklusif, disabilitas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024