Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika dan faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika pada sekolah dasar.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode, yakni deskriptif kualitatif atau literatur buku. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan dalam kesulitan yang dialami siswa adalah  kesulitan memahami konsep, yang dimana siswa belum memahami sepenuhnya tentang konsep pecahan, selain itu siswa juga kesulitan dalam menentukan bilangan pembilang maupun penyebut, dan juga terbalik dalam penulisan nilai pecahan dan sulit membedakan simbol dari “>”dan kurang dari “<”. Adapun faktor yang membuat siswa kesulitan belajar matematika adalah sikap dan minat siswa yang rendah, di mana siswa tidak menyukai pelajaran matematika yang membuat siswa menjadi tidak memperhatikan guru saat pelajaran matematika berlangsung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024