Pemahaman yang rendah pada siswa mengenai materi karakteristik daerah dalam Republik Indonesia disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran yang kurang interaktif. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Wordwall yang ditujukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model TGT berbasis Wordwall dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap karakteristik daerah di SMP PGRI 1 Ciputat. Metode yang digunakan berupa eksperimen dengan desain pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari pretest (11,60) ke posttest (15,46). Peningkatan ini signifikan pada tingkat kepercayaan 0,05 dengan nilai signifikansi 0,001. Oleh karena itu, model TGT berbasis Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap karakteristik daerah, sebagaimana terlihat dari skor posttest yang lebih tinggi dibandingkan pretest.
Copyrights © 2024