Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap kemampuan working memory mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap peningkatan kemampuan working memory mahasiswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh pemberian warna highlight pada teks antara kelompok yang diberikan highlight berwarna hangat dengan kelompok yang diberikan highlight berwarna dingin. Penelitian ini dilakukan pada 68 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2023 dan tidak buta warna parsial maupun total yang dibagi menjadi 3 kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diisi setelah responden diberikan alat ukur. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik nonparametrik, yaitu Kruskal Wallis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap kemampuan working memory mahasiswa; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1 yang memiliki highlight berwarna biru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024