JURNAL DIVERSITA
Vol. 10 No. 2 (2024): JURNAL DIVERSITA DESEMBER

Pengaruh Pemberian Highlight pada Teks terhadap Kemampuan Working Memory pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Angkatan 2023

Aulia, Syelma Safina (Unknown)
Hisan, Nasha Khoiritun (Unknown)
Salsabila, Naqqiya (Unknown)
Farel, Tri Ahmad (Unknown)
Samosir, Rosiana Tiurmajuli (Unknown)
Trirahardjo, Sunggoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap kemampuan working memory mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap peningkatan kemampuan working memory mahasiswa; (2) terdapat perbedaan pengaruh pemberian warna highlight pada teks antara kelompok yang diberikan highlight berwarna hangat dengan kelompok yang diberikan highlight berwarna dingin. Penelitian ini dilakukan pada 68 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran angkatan 2023 dan tidak buta warna parsial maupun total yang dibagi menjadi 3 kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diisi setelah responden diberikan alat ukur. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik nonparametrik, yaitu Kruskal Wallis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pemberian highlight pada teks terhadap kemampuan working memory mahasiswa; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1 yang memiliki highlight berwarna biru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...