Peran guru dalam proses pembelajaran Bahasa Arab tidak hanya sebatas pada penyampaian materi, tetapi juga melibatkan aspek kompetensi sosial guru yang dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk menyelidiki hubungan antara kompetensi sosial guru Bahasa Arab dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah sisiwa kelas VIII di Madarasah Aliyah Baitul Hikmah Tasikmalaya. Adapun Teknik pengumpulan data melalui angket, Observasi dan wawancara, yang dikembangkan untuk menilai kompetensi sosial guru dan motivasi belajar siswa, sedangkan Teknik analisis data berupa uji statistik dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kompetensi sosial guru Bahasa Arab dan motivasi belajar siswa. Guru yang memiliki kompetensi sosial yang tinggi cenderung menciptakan iklim kelas yang kondusif untuk motivasi belajar siswa. penelitian ini menggaris bawahi pentingnya mengintegrasikan pengembangan kompetensi sosial guru sebagai bagian integral dari perkembangan pendidikan guru Bahasa Arab. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab dengan memperhatikan aspek sosial dalam interaksi kelas.
Copyrights © 2024