Ijtimaiya : Journal of Social Science and Teaching
Vol 8, No 2 (2024): IJTIMAIYA: Journal of Social Science and Teaching

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kepekaan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Nurul Iman

Widiyani, Putri Nur (Unknown)
Karsiwan, Karsiwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pembelajaran IPS yaitu untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa. Meskipun demikian, fenomena menunjukkan bahwa kepekaan sosial siswa masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan sikap individualis, kurangnya empati, dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs Nurul Iman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 77,3% dengan kategori efektif dan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas kontrol sebesar 68,9% dengan kategori cukup efektif sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak yang berarti model pembelajaran problem based learning efektif terhadap peningkatan kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS. Dengan demikian, model pembelajaran problem based learning mampu membuat siswa memiliki kepekaan sosial yang baik melalui jalinan interaksi yang semakin erat dengan teman-temannya melalui pembelajaran IPS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ijtimaia

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

IJTIMAIYA is an open access, and peer-reviewed journal. IJTIMAIYA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on integrated social sciences, ...