Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI)
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

PENDAMPINGAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE EJA UNTUK SISWA KELAS I MIN 2 KOTA PALANGKA RAYA

Rizky Annisa, Dea (Unknown)
Istiyati Mahmudah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Bermula dari program KKN MBKM Asistensi Mengajar, yang diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Palangka Raya, beberapa mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan pendampingan membaca permulaan di kelas I B MIN 2 Palangka Raya. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah membantu guru dalam membekali siswa dengan keterampilan membaca sebagai salah satu aspek dalam keterampilan berbahasa. Dalam penelitian pengabdian ini, metode eja digunakan dalam kegiatan pendampingan membaca permulaan. Kegiatan pendampingan membaca permulaan dilakukan oleh mahasiswa yang didampingi langsung oleh wali kelas setiap pulang sekolah. Setelah melaksanakan kegiatan pendampingan membaca diperoleh hasil bahwasanya siswa yang awalnya belum bisa membaca seiring berjalannya waktu mulai menunjukkan peningkatan yakni mampu membaca 2-3 suku kata bahkan sudah ada siswa yang bisa membaca kata-kata sederhana. Dari penelitian pengabdian tersebut dapat disimpulkan bahwasanya melalui penggunaan metode eja dalam pendampingan membaca permulaan siswa di kelas I B memberikan dampak yang positif bagi siswa sehingga dapat dikatakan kegiatan ini berjalan dengan cukup baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) Jurnal ini memuat hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu antara lain pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial, humaniora, dan komputer. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu Februari, April, Juni, ...