Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 5 (2024)

Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Permulaan Aksara Baca Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun

Putri, Suci Kasriani (Unknown)
Rahmatia, Rahmatia (Unknown)
Ramli, SYamsul Alam (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2024

Abstract

Studi dilaksanakan bertujuan agar bisa meningkatkan keterampilan baca al-Qur'an anak-anak berusia lima hingga enam tahun. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus: pra-aksara, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan lima belas orang yang berusia antara lima dan enam tahun. Studi ini menganalisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif Dalam studi ini, dokumentasi, observasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil studi menunjukkan bahwa hasil observasi sebelum tindakan (prasiklus) menunjukkan bahwa dari 15 anak, 14 anak (93%) berada Dalam kategori belum berkembang (BB), 1 anak (6%) tetap dalam kategori BB, 11 anak (73%) mulai berkembang (MB), dan 1 anak (6%) berkembang sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II, tidak ada anak dalam kategori BB, tetapi 2 anak mulai berkembang (MB), dan 13 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan yang ditargetkan telah tercapai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...