Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan signifikansi pengaruh kompetensi professional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen siswa SMP Negeri 10 Kota Kupang. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Kupang yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh. Skala kompetensi profesional diadaptasi dari Permendiknas No 16 Tahun 2007. Skala kinerja guru diadaptasi dari Permen PAN No. 16 Tahun 2009. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, sementara prestasi belajar dihitung dari nilai raport semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen: 1). Hasil analisis tentang hubungan kompetensi profesioanal guru (X₁) terhadap prestasi belajar PAK (Y) di SMP Negeri 10 Kota Kupang diperoleh dengan koefisien korelasi 0,38. Data nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru pada kategori tinggi yaitu pada kulitas instrumen 75,87%; 2). Hasil analisis tentang kinerja guru (X2) terhadap prestasi belajar PAK (Y) diperoleh koefisien korelasi 0,64. Menurut nilai korelasi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kinerja guru (X2) dan prestasi belajar PAK (Y). Nilai korelasi menunjukkan bahwa variabel kinerja guru terhadap prestasi belajar PAK berada pada tingkat kualitas yang tinggi, yaitu 78,61%. 3). Hasil analisis statistik tentang korelasi product moment antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang menunjukkan nilai Thitung 0,71. Hasil ini dikonfirmasi oleh Tabel dengan taraf signifikansi 0,5%, dengan jumlah responden 61 dan taraf signifikansi 5% = 0,254. Dengan demikian, ada korelasi antara kinerja guru dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang.
Copyrights © 2024