Pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan sikap, perilaku, dan keterampilan individu. Kompetensi guru, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar, selain pencapaian akademis, penting juga untuk mengembangkkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah Teams Games Tournament (TGT). Model ini dirancang untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan meningkatkan keterlibatan aktif siswa, serta mengembangkan pemahaman dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model TGT terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas V pada materi Manusia dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian melibatkan 16 siswa kelas V SDN Sindangpala. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: persiapan (uji coba instrumen dan validitas), pelaksanaan (Pembelajaran konvensiaonal, Pretest, perlakuan menggunakan model TGT, danĀ Posttest), serta pengolahan data. Instrumen yang dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Paired Sampel T-Test dan Uji N-Gain. Hasil menunjukan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dengan nilai rata-rata Pretest sebesar 48,44 meningkat menjadi 77,81 pada Posttest. Uji Paired Sample T-Test menunjukan p-value sebesar 0,000 sementara Uji N-Gaini menghasilkan rata-rata 0,5692, menandakan efektivitas model TGT dalam meningkatkan kognitif siswa pada materi Manusia dan Lingkungan.
Copyrights © 2024