Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Penerapan Aplikasi Quizizz Berbasis Mode Kertas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SDN 8 Mamboro

Tunnisah, Taskirah (Unknown)
Nashrullah, Nashrullah (Unknown)
Redna, Redna (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Mamboro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran. Quizizz adalah media pembelajaran interaktif yang mampu mendukung keterlibatan langsung antara guru dan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui serangkaian siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dirancang dalam tiga siklus. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV B SDN 8 Mamboro, yang mencakup 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata ketercapaian hasil belajar adalah 38,89%; meningkat menjadi 66,67% pada siklus II; dan mencapai 88,89% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, mengurangi kebosanan siswa, dan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar secara signifikan dari siklus I hingga siklus III.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...