Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Conversation Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Muslimin, Muslimin (Unknown)
Prayitno, Mulyo (Unknown)
Arianto, Oktavian (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam meningkatkan kemampuan conversation bahasa Inggris siswa kelas V di SD Wedarijaksa 1, Pati, Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting sebagai fasilitator dan motivator yang mendorong partisipasi aktif serta rasa percaya diri siswa dalam berbahasa Inggris. Penerapan strategi pengajaran seperti role play, diskusi kelompok, dan pemanfaatan media digital terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa. Kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan siswa, dapat diatasi guru melalui pemberian tugas tambahan dan bimbingan individual. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran optimal guru serta penerapan metode interaktif sangat penting untuk meningkatkan kemampuan percakapan siswa, dan disarankan agar sekolah mendukung dengan menyediakan fasilitas teknologi yang memadai serta mengembangkan metode pengajaran yang lebih kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...