Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 4 (2024)

Analisis Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Transformasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka

Manga’, Friskianti (Unknown)
Suardana, I Made (Unknown)
Tari, Ezra (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Tulisan ini mengkaji proses penyesuaian guru dengan kurikulum. Karena pergantian kurikulum dan kebijakan pendidikan yang sering terjadi memerlukan adaptasi yang cepat dan berkelanjutan dari pihak guru. Guru sering mengalami kesulitan untuk memperoleh akses ke pelatihan profesional yang berkelanjutan dan dukungan dari rekan kerja serta manajemen sekolah.  Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian digunakan untuk menggambarkan dan memahami fenomena atau realitas sosial yang rumit dengan cara menyelidiki pengalaman, persepsi, atau pandangan subjek yang sedang diteliti. Kurikulum Merdeka menekankan pada kebebasan dan fleksibilitas dalam proses belajar-mengajar, dengan tujuan utama untuk mengembangkan kompetensi siswa secara holistik. Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) memiliki peran penting dalam implementasi kurikulum ini, karena mereka tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing spiritual bagi siswa. Guru Pendidikan Agama Kristen diharapkan mampu mengarahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan belajar secara mandiri, mengajar mereka cara mengakses dan memanfaatkan berbagai sumber belajar. Pengembangan program pelatihan bagi guru, integrasi teknologi dalam peningkatan kolaborasi dalam pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka dengan lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...