Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 5, No 6 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran PPKn Kelas XI J SMA Negeri 2 Palu

Bulqis, Rasyida (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Hamid, Samrati Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Keterkaitan Antarsila Pancasila kelas XI J SMA Negeri 2 Palu. Model Problem Based Learning ini adalah suatu model pembelajaran berbasis kepada permasalahan yang mampu meningkatkan cara berfikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan memperhatikan tahapan Penelitian Tindakan Kelas mulai dari  perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting). Instrumen yang digunakan pada Penelitian ini adalah lembar observasi dan soal evaluasi,  untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, respon siswa serta peningkatan cara berfikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model Problem Based Learning, persentase ketuntasan klasikal siswa meningkat dari 27.77% pada pre-test menjadi 97.22% pada post-test. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 80.2% pada siklus 1 menjadi 90.4% pada siklus 2. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya,  yakni 59.4% pada siklus 1 meningkat menjadi 84.6% pada siklus 2. Sebagian besar siswa menunjukkan respon positif terhadap model PBL dengan 83% siswa merasa sangat tertarik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam menigkatkan kemampuan berpikir ktritis siswa terutama dalam mengaplikasikan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...