Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi geguritan. Kesulitan ini timbul karena metode pembelajaran yang diterapkan kurang tepat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi geguritan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan membaca geguritan siswa kelas V SDN 3 Sumanding. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest dengan melibatkan 25 siswa. Data dikumpulkan melalui tes praktik membaca geguritan sebelum dan sesudah penerapan metode brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest (55,20) ke posttest (82,40). Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov mengonfirmasi distribusi normal data. Selanjutnya, uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,002 0,05 dan t-hitung 20,052 t-tabel 2,05954, menunjukkan penolakan H0 dan penerimaan Ha. Temuan ini membuktikan adanya pengaruh signifikan metode brainstorming terhadap peningkatan kemampuan membaca geguritan. Selain itu, metode ini juga terbukti mendorong partisipasi aktif siswa dan mengembangkan ide kreatif dalam pembelajaran bahasa Jawa. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa metode brainstorming dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan membaca geguritan.
Copyrights © 2024