Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan utama di SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo. Siswa kelas X masih kesulitan dalam mempelajarai materi sistem komputer terutama pada proses booting komputer. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebutuhan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality, (2) mendesain media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran informatika, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Reseach and Development dengan model Multimedia Development Life Cycle yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan pendistribusian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan media pembelajaran Augmented Reality di SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo pada materi sistem komputer dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, (2) desain media pembelajaran Augmented Reality dapat membantu guru dalam proses pembelajaran sehingga siswapun lebih mudah memahami materi sistem komputer pada cara kerja komputer bagian proses booting komputer, dan (3) hasil penelitian melalui pengujian kelayakan yang memiliki tingkat validitas kelayakan sesuai penilaian oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata–rata presentase kelayakan sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian uji responden dengan menggunakan pengukuran SUS (System Usability Scale) yang kemudian mendapatkan jumlah presentase sebesar 78.3% dengan kategori good atau grade B. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis AR pada materi sistem komputer dinyatakan layak digunakan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas X SMK Negeri 1 Paguyaman, Boalemo.
Copyrights © 2024