Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SD Negeri Koranji 2 Pulosari, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas peserta didik pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dqan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan metode discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi perubahan wujud benda kelas III SDN Koranji 2 Pulosari. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahapĀ pelaksanaan, tahap pengamatan dantahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas III SDN Koranji 2 Pulosari dengan jumlah 37 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan, pada pembelajaran tema 3 subtema 3 tahun pelajaran 2018 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 27.03%, siklus I 45.95%, dan pada siklus II 62.16% mengalami peningkatan di siklus III menjadi 83.78%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75% pada pembelajaran IPA
Copyrights © 2024