JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 1, No 3 (2013): PENDIDIKAN FISIKA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA TRIDHARMA MKGR MAKASSAR

Nurwati, Nurwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain post test group yang bertujuan untuk (1) mengetahui hasil  belajar  fisika siswa Kelas X SMA Tridarma Masyarakat Kerja Gotong Royong (MKGR)  Makassar  setelah diterapkan  model pembelajaran time token.(2)  mengetahui pencapaian hasil belajar  fisika Siswa kelas X SMA Tridarma Masyarakat Kerja Gotong Royong (MKGR)  Makassar setelah diajar dengan model pembelajaran time token telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal(KKM) secara klasikal. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar sebanyak 30 orang sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar sebanyak 30 orang juga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 21 item dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis deskriptif hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA TRIDHARMA MKGR MAKASSAR setelah diajar dengan menggunakan penerapan model pembelajaran time token diperoleh skor tertinggi 20, skor terendah 10, skor rata-rata 16,9, nilai rata-rata 76,19 dan standar deviasi 6,27. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA TRIDHARMA MKGR Makassar Tahun Ajaran 2013 sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 65 setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran time token.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Time Token, Hasil BelajarThis research is a pre-experimental design with post test group that aims to (1) determine learning outcomes of students physics class X SMA Tridarma Community Work Mutual-Help (MKGR) Makassar after applied learning model time token. (2) determine the achievement of learning outcomes Physics Students class X SMA Tridarma Working Society of Mutual-Help (MKGR) Makassar after being taught by learning model time token has reached the maximum completeness criteria (KKM) in the classical style. Subjects in this study population was the whole class X SMA Tridharma MKGR Makassar 30 people while the sample in this study is a class X SMA Tridharma MKGR Makassar as many as 30 people as well. The data collection technique used is the achievement test consisting of 21 multiple choice items that have been validated by two people validator. Data were analyzed using descriptive analysis techniques. From the results of the descriptive analysis of learning outcomes Physics class X SMA Tridharma MKGR MAKASSAR after being taught by using learning model application time tokens earned the highest score of 20, the lowest score 10, the average score of 16.9, an average value of 76.19 and a standard deviation 6.27. The results of inferential analysis showed that the results of learning physics class X SMA Tridharma MKGR Makassar Academic Year 2013 has reached the minimum completeness criteria of 65 after being taught through the application of learning models time token.Keywords: Learning Model, Time Token, Learning Outcomes

Copyrights © 2013