Pendekatan pembelajaran yang bersifat lugas dapat mengakibatkan pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 2 Gebog kurang memadai. Evaluasi awal pemahaman konsep menunjukkan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 43,03. Riset ini bertujuan untuk (1) menganalisis variasi pemahaman konsep matematika siswa mengenai pengetahuannya sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika, (2) mengevaluasi apakah rata-rata pemahaman konsep matematika siswa cukup baik. yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah melebihi yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video etnomatematika. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan penyajian kepada siswa beragam skenario masalah yang otentik dan signifikan yang berfungsi sebagai landasan untuk riset dan penyelidikan mereka. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Riset ini dilaksanakan di kelas VII F dan VII I SMP Negeri 2 Gebog. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kemiripan rata-rata, serta analisis akhir meliputi uji satu sampel, uji t sampel independen, uji t sampel berpasangan, dan analisis N-Gain. Hasil riset menunjukkan bahwa: (1) Terdapat variasi kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari pengetahuan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi media video etnomatematika. (2) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih unggul bila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. (3) Terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan media video etnomatematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024