JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 10 No 2 (2024): JUMLAHKU VOL.10 NO.2 2024

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Riski Yusri Farmansyah (Unknown)
Zulfah (Unknown)
Kasman Edi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check terhadap Kemampuan Komunikasi matematis peserta didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang. Penelitian Quasi VIII A menggunakan desain Nonequivalent control group design dilakukan. Peserta penelitian ini melibatkan seluruh anak didik kelas 2 SMPN 2 Bangkinang dalam tahun ajaran 2022/2023. Peserta penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII Adan kelas VIII B. Setelah menganalisis data dengan uji t, ditemukan bahwa nilai thitung adalah 5,328. Sementara, angka ditabel sig5% adalah 0.833. Tentunya nilai t hitung lebih tinggi dari nilai t tabel karena 5,333, p lebih besar daripada 0.833. Karenanya, hipotesis nol telah ditolak dan hipotesis alternatif telah diterima. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematisanak didik di kelas VIII SMPN 2 Bangkinang dibanding kegiatan belajar biasanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...