Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 5, No 4 (2024): Desember 2024

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Iryani, Irna (Universitas Mathla’ul Anwar)
Sartika, Nenden Suciyati (Universitas Mathla’ul Anwar)
Rosdianwinata, Eka (Universitas Mathla’ul Anwar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang tidak bisa dihindari dalam dunia pendidikan. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah model problem based learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih dua kelas sampel yaitu kelas XI 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran model  Problem Based Learning dengan pendekatan metakognitif dan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis. Kesimpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan pendekatan metakognisi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil dari rata-rata N-Gain kemampuan komunikasi matematis adalah 0,5454 sehingga dinyatakan bahwa kelas Problem Based Learning memiliki peningkatan dengan klasifikasi sedang.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...