Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan
Vol. 4 No. 2 (2024): Periode November - April

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KPP PRATAMA MEDAN POLONIA

Difi, Shiva (Unknown)
Arifin, Syamsul Bahri (Unknown)
Hasbulla, Iman Indrafana Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap motivasi wajib pajak orang pribadi dalam membayar pajak dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderating di KPP Pratama Medan Polonia. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Medan Polonia pertahun 2023 sebanyak 45.953 wajib pajak dan yang menjadi sampel sebanyak 100 orang wajib pajak. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis moderasi dengan pendekatan uji residual dengan menggunakan alat bantu program software SPSS 26. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak, sedangkan sanksi perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi wajib pajak. Sosialisasi perpajakan mampu memoderasi kualitas pelayanan. Namun, sosialisasi perpajakan tidak mampu memoderasi sanksi perpajakan terhadap motivasi wajib pajak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUWIRA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan (JUWIRA) merupakan jurnal yang dikelolah oleh Program studi Kewirausahaan Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan, Jurnal ini menghasilkan artikel dari luaran penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa, Dosen dan Peneliti. Jurnal Kewirausahaan ...