Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
Vol 1, No 1 (2014)

APLIKASI PRINSIP TEST LESS LEARN MORE MELALUI TRANSFORMASI STANDAR NASIONAL PENDIDKAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Kameriah Saraswati (Pendidikan Bahasa dan Satra Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar)
Dian Ihdinasti Nur Aprilia (Pendidikan Bahasa dan Satra Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ihwana Ihwana (Akuntasi Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting agar dapat memajukan kehidupan kearah yang lebih maju. Begitupun dengan bangsa Indonesia, pendidikan harus dikembangka nsejalan dengan tuntutan pembangunan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, maka disusun system pendidikan oleh pemerintah. Namun melihat kenyataan sekarang, mutu pendidikan di Indonesia justru mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan karena system yang digunakan di Indonesia saat ini belum efekltif dan efisien dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, perubahan system sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, penulis menawarkan aplikasi prinsip belajar test less learn more melalui transformasi standar nasional pendidikan sebagai upaya meningkatakan mutu pendidikan di Indonesia. Prinsip belajar tersebut benar-benar menunjukkan mutu atau kualitas dari setiap peserta didik tanpa adanya rekayasa atau manipulasi yang mengindikasikan adanya kecurangan.Kata Kunci: Test Less Learn More, Transformasi Standar Nasional Pendidikan, Mutu Pendiddikan Nasional

Copyrights © 2014