Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Vol 8, No 4 (2024): Oktober-Desember

Profil Literasi Sains Guru Pada Kegiatan Sains Tema Alam Semesta di TK Nazifa Islamic School T.A 2023/2024

Pane, Amelia Mardani (Universitas Negeri Medan)
Handayani, Peny Husna (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

 Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam kehidupan abad 21. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mempunyai kemampuan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan proses sains, pemahaman konten sains dan pemahaman konteks sains guru-guru di TK Nazifa Islamic School pada kegiatan sains membuat salju, membuat pelangi dan membuat hydro pump. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru di TK Nazifa yang berjumlah sebanyak 7 orang dengan objek yang diteliti yaitu literasi sains guru-guru di TK Nazifa pada aspek proses, konten, dan konteks sains. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan proses sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori sangat baik, dengan rata-rata persentase sebesar 88%, dengan sub aspek proses sains tertinggi adalah mengamati. Dalam pemahaman konten sains, guru-guru di TK Nazifa berada  pada kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 90%, dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman konten sains terdapat pada kegiatan sains membuat pelangi dan hydro pump. Dalam pemahaman konteks sains guru-guru di TK Nazifa berada pada kategori baik dengan rata-rata persentase sebesar 83%, dengan persentase tertinggi mengenai pemahaman konteks sains terdapat pada kegiatan sains membuat salju dan membuat pelangi. 

Copyrights © 2024