Jumlah pengangguran Lulusan SMK semakin meningkat, sebagian besar masih sebagai pencari kerja bukan sebagai pencipta lapangan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran technopreneurship untuk Sekolah Menengah Kejuruan; (2) Mengetahui jenis pembelajaran technopreneurship yang sesuai dengan Kompetensi keahlian di SMK dan (3) menguji kefektifan model pembelajaran technopreneurship. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D), tahapan penelitian meliputi (1) mendefinisikan dan merancang model; (2) melakukan validasi model oleh ahli atau pakar; (3) melakukan uji coba terbatas; (4) meguji keefektifan model dan menghasilkan final model. Penelitian dilakukan di SMK YASIHA Gubug, pada Kompetensi keahlian teknik otomasi industri. Modul pengembangan pada pemanfaatan Mini CNC laser dalam membuat produk – produk kreatif yang bernilai jual tinggi. Peserta didik juga di ajarkan dalam pemasaran produk secara offline dan online. Modul ini terbukti efektif dalam dalam meningkatkan kompetensi wirausaha siswa SMK.
Copyrights © 2024