Joined Journal (Journal of Informatics Education
Vol 7 No 2 (2024): Volume 7 Nomor 2 (2024)

Aplikasi Augmented Reality Interaktif Tuna Rungu Berbasis Android pada Sekolah Luar Biasa ABCD Muhammadiyah Palu

Wildan Wildan (Unknown)
Moh Kharis (Unknown)
Muhamad Andika (Unknown)
Handini Arga Damar Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Salah satu Sekolah Luar Biasa (SLB) yang terdapat di Sulawesi Tengah adalah SLB-ABCD Muhammadiyah Palu dalam sistem pembelajaran bahasa isyaratnya masih terpaku pada buku, sehingga membuat siswa sulit memahami gerakan dengan hanya mengandalkan gambar dalam buku untuk memahami bahasa isyarat dan siswa tidak dapat menangkap aspek visual secara sempurna. Hal ini melatarbelakangi untuk membuat aplikasi sebagai alternatif media pembelajaran yang interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality tentang bahasa isyarat (BISINDO) dalam bentuk objek 3D. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif untuk mengetahui efektivitas Augmented Reality sebagai alternatif media pembelajaran bahasa isyarat yang interaktif, termasuk tingkat kepuasaan siswa terhadap fitur-fitur dan keakuratan model 3D bahasa isyarat (BISINDO) yang ditampilkan dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan skala likert dengan cara membagikan kuensioner kepada guru dan siswa Sekolah Dasar (SD) yang mengalami disabilitas tuli (tunarungu). Berdasarkan analisis, didapatkan hasil bahwa 96,4% menyatakan sangat layak terhadap aplikasi dan fitur-fitur Augmented Reality sebagai alternatif media pembelajaran bahasa isyarat (BISINDO).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiptika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Engineering Other

Description

JOINED JOURNAL is a peer-reviewed scientific journal published by Informatics Education Program in Universitas Ivet Central Java. This journal provides a platform for lecturers, researchers, students and practitioners to promote and share knowledge in the field of Informatics Education. Journals ...