Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1 (2024): November

ANALISIS MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMPN 17 KOTA BENGKULU

Meirani, Meirani (Unknown)
Kalsum, Ummi (Unknown)
Ayu Monica, Helvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model jigsaw pada mata pelajaran IPS di SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan objek motivasi belajar siswa melalui model jigsaw pada mata pelajaran IPS dan subjek penelitian guru mata pelajaran IPS, dan siswa kelas IX.E yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar meningkat melalui model jigsaw siswa kelas IX di SMPN 17 Kota Bengkulu ditinjau dari indikator motivasi adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita- cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya situasi kelas yang kondusif. Simpulan dari penelitian ini bahwa adanya model jigsaw pada mata pelajaran IPS memotivasi dan mendorog siswa untuk bersemangat belajar di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...