Pembelajaran yang efektif memerlukan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen soal HOTS pada materi alat optik untuk siswa SMA. Konsep tujuan pendidikan Bloom digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan analisis (C4), evaluasi (C5), dan kreasi (C6) siswa. Dengan menggunakan format soal esai, instrumen penilaian ini dirancang untuk memberikan gambaran yang objektif dan dapat diukur mengenai tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran HOTS. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan tahapan Gall (1996) yang dimodifikasi menjadi pengumpulan informasi, perencanaan, penyiapan instrumen soal, revisi awal soal dan implementasi soal. Kemudian dilakukan validasi instrumen oleh ahli materi pelajaran dan dosen pembimbing. Instrumen soal terdiri dari 24 soal fisika yang dibagi menjadi dua tipe yaitu 12 soal tipe A dan tipe B, yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang sama. Soal-soal tersebut disusun dalam format esai dan diujikan kepada 48 siswa kelas XII yang telah mempelajari materi alat optik. Analisis data meliputi penilaian validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen soal HOTS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024