Abdi-Dharma
Vol. 4 No. 2 (2024): Abdi Dharma: Pengembangan Potensi Diri dan Pembentukan Karakter, Penguatan Komp

Peningkatan Keterampilan Guru Menerapkan Pembelajaran Media BUSAPAKSA (Buku Saku Pintar Anti Kekerasan Seksual Siswa) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pencegahan Kekerasan Seksual Siswa

Hesty Kristyaningrum, Dwi (Unknown)
Ayu Retnoningsih, Diyah (Unknown)
Rimbatmojo, Sigit (Unknown)
Winarto (Unknown)
Faris Arromal, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

MI DU Bumiayu adalah sekolah yang berlandaskan nilai-nilai keislaman namun menghadapi tantangan dalam hal literasi numerasi dan pengembangan karakter siswa. Permasalahan utama yang dihadapi sekolah ini adalah pelaksanaan pendidikan yang kurang mampu memfasilitasi keberagaman siswa, sehingga kebutuhan individual siswa tidak sepenuhnya terpenuhi. Selain itu, pendidikan di sekolah ini belum sepenuhnya memprioritaskan pengembangan iman, takwa, dan akhlak mulia sesuai dengan visi dan misi sekolah. Guru-guru, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka (KURMER), juga belum menguasai secara menyeluruh baik dari aspek konseptual maupun praktis pembelajaran berdiferensiasi yang dirancang untuk mengakomodasi keberagaman siswa. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan ALSAK (Alqur'an, Sains, dan Karakter), yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran siswa secara lebih efektif. Program pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelanjutan dari penelitian sebelumnya dalam program Penelitian Dosen Pemula (PDP), yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran aktif berbasis ALSAK guna meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei dan 21 Juni 2024, dibagi dalam empat tahap utama: persiapan kegiatan, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM), praktik pembelajaran terpadu terkait isu kekerasan seksual pada anak, serta evaluasi dan keberlanjutan program. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil melatih guru MI DU dalam menerapkan pembelajaran berbasis ALSAK. Peserta pelatihan umumnya menunjukkan sikap positif, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias, serta memperoleh perspektif baru tentang pembelajaran yang berfokus pada pengintegrasian nilai-nilai keislaman, sains, dan karakter dalam proses belajar-mengajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ad

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Abdi-Dharma diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Buddhi Dharma (LP3kM) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. ...