Journal of Community Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2024): Transformasi Pendidikan dan Pemberdayaan Berbasis Komunitas untuk Masyarakat ya

Pelatihan Penyusunan Presentasi Materi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dan TPACK bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang

Noermanzah, Noermanzah (Unknown)
Yanti, Nafri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Guru bahasa Indonesia tingkat SMP di Kabupaten Empat Lawang masih banyak yang belum memahami dan belum terampil dalam menyusun presentasi materi pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) dan TPACK sehingga diperlukan pelatihan yang intensif. Untuk itu, tujuan dari tulisan ini akan mendeskripsikan hasil dari pelatihan penyusunan presentasi materi pembelajaran berbasis PjBL dan TPACK bagi guru bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang. Pelatihan ini dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, praktik, dan pendampingan. Tahapan pelaksanaan pengabdian yaitu mulai dari penyampaian materi oleh para narasumber, kegiatan diskusi, kegiatan praktik membuat presentasi materi pembelajaran, pendampingan pembuatan presentasi, penyampaian hasil pembuatan presentasi oleh para peserta, dan pemberian rekomendasi. Hasil dari pelatihan penyusunan presentasi materi pembelajaran berbasis PjBL dan TPACK bagi guru bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Empat Lawang yaitu memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru bahasa Indonesia tentang penyusunan presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis TPACK, mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Powerpoint, mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Canvas, mampu menyusun presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis PjBL, dan mampu membuat presentasi materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan Gamma AI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jacom

Publisher

Subject

Arts Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science

Description

Journal of Community Empowerment (JCOM) is a community service journal managed by the Bachelor of Non-Formal Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, which contains scientific articles from various disciplines, adopted in various community service ...