Journal of Community Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2024): Transformasi Pendidikan dan Pemberdayaan Berbasis Komunitas untuk Masyarakat ya

Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Dewan Guru Bahasa Indonesia di Lintang Empat Lawang

Yanti, Nafri (Unknown)
Noermanzah, Noermanzah (Unknown)
Kurniawan, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Dewan Guru di Lintang Empat Lawang dalam memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam era digital saat ini, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi terkini guna menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan bagi siswa. Pelatihan ini menggunakan dua platform AI, yaitu Magic School AI dan Gamma AI, yang menyediakan berbagai fitur untuk menghasilkan materi ajar yang lebih inovatif dan menarik. Melalui pelatihan ini, para guru diperkenalkan dengan potensi teknologi AI dalam pendidikan, serta diberikan keterampilan praktis untuk menciptakan media pembelajaran berbasis video, animasi, dan simulasi interaktif. Proses pelatihan melibatkan pemahaman tentang dasar-dasar penggunaan teknologi AI, penerapan fitur-fiturnya dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, dan pengembangan prototipe media pembelajaran oleh para peserta. Meskipun pelatihan ini belum mencapai tahap implementasi di dalam kelas, para guru menunjukkan antusiasme yang tinggi dan berkomitmen untuk menerapkan hasil pelatihan dalam kegiatan belajar-mengajar mendatang. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di Lintang Empat Lawang, serta membuka jalan bagi pemanfaatan teknologi AI yang lebih luas di lingkungan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jacom

Publisher

Subject

Arts Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science

Description

Journal of Community Empowerment (JCOM) is a community service journal managed by the Bachelor of Non-Formal Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Bengkulu, which contains scientific articles from various disciplines, adopted in various community service ...