Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) menghadapi berbagai dinamika dan permasalahan, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, masalah meliputi SDM, pengelolaan, kurikulum, pendanaan, dan sarana prasarana. Secara eksternal, tantangan datang dari kurangnya perhatian orang tua, perkembangan teknologi, serta pengaruh lingkungan dan teman. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pengajaran para pengelola dan pengajar TPQ di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Pengabdian masyarakat dilakukan melalui program Sekolah Guru TPQ dengan sistem pembelajaran 21 jam yang melibatkan para pengelola dan pengajar TPQ di Nglebak dan Ngudal. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, diskusi interaktif, dan praktik langsung. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa peserta: (1) memahami konsep strategis TPQ, (2) mampu mengelola TPQ dengan baik, (3) dapat mengajar dengan lebih menarik, dan (4) mampu menyusun kurikulum dan materi ajar yang efektif. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah peningkatan profesionalisme pengelola dan pengajar TPQ, yang berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran Al Qur’an bagi generasi masa depan.
Copyrights © 2024