Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan game edukasi digital "Smartronaut.exe” sesuai cakupan materi Tata Surya, dan (2) Untuk mengetahui efektivitas game edukasi digital “Smartronaut.exe” dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA pada materi lingkup tata surya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi media pembelajaran oleh ahli media, angket motivasi belajar siswa dengan skala likert, dan soal penilaian pemahaman konsep pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas produk berpasangan dari validator, analisis instrumen uji coba, uji prasyarat, uji manova, dan effect size. Hasil penelitian dan pengembangan game edukasi digital “Smartronaut.exe” pada lingkup materi tata surya menunjukkan bahwa 1) layak dengan hasil validasi ahli materi sebesar 94% dan hasil validasi ahli media sebesar 93%, dan 2) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep IPA pada materi lingkup tata surya, dengan perbedaan berdasarkan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dan diperkuat dengan peningkatan yang besar berdasarkan nilai effect size terhadap motivasi belajar sebesar 2,02, dan pada pemahaman konsep sebesar 2,13.
Copyrights © 2024