Materi Sistem reproduksi manusia dianggap sulit dipahami oleh siswa kelas XI MIPA, karena termasuk sub bab materi abstrak. Hal tersebut menyebabkan nilai rata-rata kurang dari KKM. Namun, metode yang digunakan guru belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Kondisi seperti ini menyebabkan siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan Hasil observasi pra penelitian di SMA juga menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas XI MIPA di SMA masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan diskusi, presentasi, dan ceramah, dan belum menggunakan model pembelajaran yang terbaru seperti media pembelajaran audio visual. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment design Adapun desain yang digunakan adalah one-group pretest postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Lohbener. Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-3 MIPA SMA N 1 Lohbener pada materi sistem reproduksi sub materi (adaptif) menggunakan model joyful learning termasuk kedalam kategori sedang. (2) Setelah menerapkan model pembelajaran joyful learning mendapatkan hasil yang baik.
Copyrights © 2024