Technological Pedagogical Content Knowledge
Vol 8, No 2 (2024): Jurnal TPACK IPA (August,2024)

MODEL JOYFUL LEARNING BERBANTUAN VIDEO MATERI SISTEM REPRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Nuraisah, Iin (Unknown)
Sugianto, Sugianto (Unknown)
Yuliana, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Materi Sistem reproduksi manusia dianggap sulit dipahami oleh siswa kelas XI MIPA, karena termasuk sub bab materi abstrak. Hal tersebut menyebabkan nilai rata-rata kurang dari KKM. Namun, metode yang digunakan guru belum berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Kondisi seperti ini menyebabkan siswa tidak memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan Hasil observasi pra penelitian di SMA juga menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas XI MIPA di SMA masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan pendekatan diskusi, presentasi, dan ceramah, dan belum menggunakan model pembelajaran yang terbaru seperti media pembelajaran audio visual. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment design Adapun desain yang digunakan adalah one-group pretest postest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Lohbener. Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-3 MIPA SMA N 1 Lohbener pada materi sistem reproduksi sub materi (adaptif) menggunakan model joyful learning termasuk kedalam kategori sedang. (2) Setelah menerapkan model pembelajaran joyful learning  mendapatkan hasil yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ipa

Publisher

Subject

Education

Description

The scope of this journal is the integration of technology, pedagogy and science content in its implementation in science learning, curriculum, media, technology, students, teachers and education personnel, assessment, evaluation, development, and policies related to science ...