Pendidikan dasar memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif siswa, terutama dalam memahami materi abstrak seperti matematika. Namun, materi bangun ruang sering dianggap sulit oleh siswa karena sifatnya yang abstrak. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengembangkan aplikasi pengenalan bangun ruang berbasis Virtual Reality (VR) dengan teknologi Android yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Objek 3D dikembangkan menggunakan SketchUp Pro 2019, sementara aplikasi dibangun dengan metode Agile Development dengan memanfaatkan Game Engine Unity3D menggunakan GoogleVR Cardboard SDK, yang memungkinkan siswa berinteraksi menggunakan gaze dan controller. Uji coba pada 43 responden, dilakukan melalui kuesioner dengan hasil kepuasan pengguna sebesar 91,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi VR efektif sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan minat siswa dalam memahami bangun ruang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi inovatif bagi metode pembelajaran matematika yang lebih menarik dan mudah dipahami.
Copyrights © 2024