Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XII MIPA 6 di SMA Negeri 15 Makassar pada Tahun Ajaran 2023/2024 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Motivasi penelitian ini muncul dari hasil diagnosis awal yang menunjukkan rendahnya capaian hasil belajar fisika di kelas tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang terdiri dari dua siklus dengan langkah-langkah yang terstruktur, yaitu 1) Diagnosis dan Perencanaan; 2) Tindakan; 3) Pengamatan; dan 4) Refleksi dengan subjek penelitian yakni 34 peserta didik kelas XII MIPA 6. Instrumen pengumpulan data melibatkan tes pre-test dan post-test yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Analisis data menunjukkan bahwa sebelum perlakuan PTK, rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 53,51. Setelah siklus I, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 64,97, dan pada siklus II mencapai 88,52. Persentase peningkatan hasil belajar fisika peserta didik juga terlihat signifikan, yakni 64,71% pada siklus I dan 94,12% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas XII MIPA 6 di SMA Negeri 15 Makassar, terkhusus pada materi Listrik Dinamis. Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Listrik Dinamis
Copyrights © 2024