CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 3 No 4 (2024): Edisi November

PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SDN 2 PATOKAN

Tri Q, Karinnisa (Unknown)
Febrianto, Mory Victor (Unknown)
Eko Yulianto, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 5 SDN 2 Patokan Situbondo, dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan mengerjakan soal berbentuk “angka dan soal cerita” serta kesulitan memahami materi pecahan yang disampaikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang masih belum bisa menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari dan juga dari hasil nilai yang diperoleh siswa masih rendah.Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas 5 yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan model pembelajaran role playing.Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mementingkan dan menitikberatkan pada hasil penelitian. Dengan demikian, laporan yang dibuat menggunakan angka dan statistik dalam pengumpulan serta analisis data yang dapat diukur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Role Playing memiliki dampak yang signifikan/berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa. Rata-rata nilai kemampuan numerasi siswa pada kelas eksperimen mencapai 75,85, sedangkan pada kelas kontrol mencapai 64. Hal ini juga terkonfirmasi melalui hasil uji t-test, di mana nilai thitung pada post-test kedua kelas adalah 10,99 sedangkan ttabel adalah 2,021. Dengan demikian, karena thitung > ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...