ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol. 5 No. 2 (2024): ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education

Kegiatan Bermain Menggunakan Pendekatan Unplugged Coding dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Sistematis

Ida Rahmawati (Unknown)
Mubiar Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi pembelajaran coding unplugged dalam kegiatan bermain di pendidikan anak usia dini. Seiring dengan semakin bergantungnya abad ke-21 pada teknologi digital, mendorong perluasan pembelajaran coding ke dalam satuan pendidikan AUD. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendekatan unplugged efektif untuk membangun pengetahuan dasar tentang konsep pemrograman dan pemikiran komputasi. Namun, penelitian mengenai integrasi pembelajaran coding dalam kegiatan bermain di PAUD masih terbatas dan sebagian besar guru PAUD di Indonesia belum mengetahui tentang pendekatan ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan meninjau literatur terkait dan memberikan contoh konkret dari kegiatan bermain unplugged coding di PAUD. Hasil penelitian mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain seperti sorting patterns, treasure hunt, dan sequencing stories yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir komputasional anak, termasuk pengenalan pola, algoritma, dan abstraksi. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan wawasan dan minat guru PAUD dalam mengintegrasikan pembelajaran coding dalam kegiatan bermai dan dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan berpikir komputasi anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abna

Publisher

Subject

Education

Description

ABNA : (Journal of Islamic Early Childhood Education), Islamic University Raden Mas Said Surakarta, Central Java, Indonesia. This journal published twice a year in Juny and December by Islamic Early Childhood Education Department Islamic Education and Teacher Training Faculty of UIN Raden Mas Said ...