Memahami perilaku konsumen beras sangat penting bagi pelaku usaha untuk menyesuaikan kebutuhan dan keinginan konsumensehingga dapat memberi kepuasan dan berujung pada loyalitas pelanggan. Jika pelaku usaha gagal memahami perilaku konsumenterhadap pembelian beras, maka kemungkinan besar beras akan gagal terjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitanggapan konsumen terhadap beras lokal dan impor serta beras brand dan non brand yang tersedia di Pasar Pelitakan danmenganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian beras di Pasar Pelitakan. Alat analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis fishbein. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa konsumen menganggap beras lokallebih baik dari beras impor dan beras dengan brand lebih baik dari beras non brand. Perilaku konsumen dalam pembelian beraslokal didasari oleh kualitas beras sedangkan pada beras impor didasari oleh harga beras. Adapun pada perilaku kunsumen padapembelian beras dengan brand didasari oleh kebersihan beras sedangkan pada pembelian beras non brand didasari oleh kualitasberas. Secara keseluruhan konsumen beras di Pasar Peliakan lebih dominan memilih beras dengan kualitas dan kebersihan yangterjaga.
Copyrights © 2024